Versi Visual Basic

Visual Basic 6yang sekarang orang memanggilnya VB Classic sepertinya sudah mulai ditinggalkan para penggemarnya. Salah satu alasannya adalah karena sudah tersedia versi terbarunya yang berbasis .NET Programming. Disini saya akan sedikit bercerita dan share dari pengalaman saya tentang fenomena ini. Mungkin saya termasuk beruntung karena berada di dua generasi visual basic ini, karena kini hampir semua Perguruan Tinggi maupun Sekolah Menengah Atas sudah tidak lagi mencantumkan VB6 di kurikulumnya melainkan langsung ke .NET programming. Baiklah  sedikit membahas sejarah perkembangan visual basic :

  1. Microsoft Visual Basic 1.0 (1991)
  2. Microsoft Visual Basic 2.0 (1992)
  3. Microsoft Visual Basic 3.0 (1993)
  4. Microsoft Visual Basic 4.0 (1995)
  5. Microsoft Visual Basic 5.0 (1997)
  6. Microsoft Visual Basic 6.0 (1998)
  7. Microsoft Visual Basic 7.0 (2002 .NET Framework 1.0)
  8. Microsoft Visual Basic 7.1 (2003 .NET Framework 1.1)
  9. Microsoft Visual Basic 8.0 (2005 .NET Framework 2.0 dan .NET Framework 3.0)
  10. Microsoft Visual Basic 9.0 (2008 .NET Framework 3.5)
  11. Microsoft Visual Basic 10.0 (2010 .NET Framework 4.0)
  12. Microsoft Visual Basic 11.0 (2011 .NET Framework 4.5)

Beberapa pertanyaan yang sering muncul tetang VB6 dan VB.NET :
1.Haruskah programmer VB6 pindah VB.NET dan tidak memakai lagi vb6?

Jawab 1 (Jika dilihat dari segi User) : TIDAK dan itu bukan kewajiban, yang penting adalah OUTPUT dari aplikasi kita. User tidak akan peduli dan tidak mau tahu apapun jenis programming language-nya (vb6,vbnet,delphi,c,pascal,java,dan lainya) yang penting semua kebutuhan user (reporting, performance, user friendly form, security dan lain sebagainya) dapat terpenuhi dengan baik. VB6 itu sangat powerfull jika kita benar benar maximal menguasainya berserta fungsi API-nya

Jawab 2 (Jika dilihat dari segi Programmer) : HARUS, karena .NET programming akan lebih memudahkan programmer dalam proses pembuatan program, hal ini karena dukungan IDE yang baru beserta fitur yang lebih lengkap dan mutakhir. Menulis code/program di VB.NET itu SANGAT JAUH LEBIIH CEPAT dari pada di VB6, Jadi programmer dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga.
2.Dari mana saya harus memulai untuk belajar VB.NET ?
Jawab (Untuk yang pernah/menguasai VB6) : Mulailah belajar VB.NET dari versi 2008, kenapa dari versi ini? karena VB.NET 2008 masih menyediakan upgrade tools untuk VB6. Jadi cobalah untuk membuka project VB6 di VB.NET, nanti akan muncul upgrade wizard (selengkapnya ada di postingan saya yang ini). Setelah upgrade selesai mungkin akan banyak sekali error dan warning, tapi jangan khawatir karena justru dari sanalah kita belajar. Intinya kita melakukan pengenalan dan penyesuaian kode, jika di VB6 begini maka di VB.NET nya begini.
Jawab (Untuk yang tidak tahu VB6) : Anda dapat memulai belajar VB.NET dari versi berapa saja, karena inti nya sama saja yang membedakan hanyalah tampilan IDE dan kelengkapan controls/Library dari versi .NET Framework. Jadi kesimpulan saya adalah jika anda sudah dapat menguasai salah satu versi VB.NET maka anda tidak akan kesulitan di versi VB.NET yang lain.
3.Apakah ActiveX (OCX) dan Komponen VB6 lainnya masih dapat dipakai di VB.NET?
Jawab : BISA, namun akan terdapat beberapa penyesuaian. VB.NET akan otomatis membuatkan Library sendiri agar komponen VB6 itu dapat kompatibel dan berjalan baik dengan VB.NET. Jadi jika anda sedang mencari tutorial VB.NET tapi malah menemukan tutorial vb6 (misalnya di blog saya ini), jangan dilewat begitu saja karena ingat masih ada proses upgrade. Tapi perlu diingat tidak semua komponen VB6 dapat di upgrade misalkan saja seperti report designer.
4.Apa perbedaan VB6 dan VB.NET ?
Jawab : BANYAK, namun perbedaan yang paling mendasar adalah :
-VB6 menggunakan komponen COM, VB.NET menggunakan .NET
-VB6 adalah pemrogramman OBJ, VB.NET adalah OOP
-Pengecekan syntax error di VB6 tidak realtime (harus F5 atau Shift+F5), sedangkan di VB.NET sangat
  realtime dan langsung tercatat di error list windows.
-Di VB/NET semua index berawal dari 0, VB6 tidak semua (listview item, imagelist index berawal dari 1)
-Dan masih banyak lagi yang tidak dapat saya tulis disini.
CATATAN penting dari saya, jika anda programmer vb6 dan akan/sedang belajar VB.NET maka anda harus mengubah cara pemrogramman anda. Maksudnya vb6 adalah perogramman OBP (Object Based Programming) yang artinya perogramman berdasarkan object sedangkan VB.NET adalah perogramman OOP (Object Oriented Programming) yang artinya pemrogramman berorientasi object. Hal ini tentu sangat berbeda, jangan sampai kita merasa menguasai VB.NET tapi isi coding nya masih seperti VB6 (Motor Tiger tapi mesin Bebek).

Salam programmer Visual Basic !!! “Make simple code but power full and professional”

 

sumber : http://djiesoft.blogspot.com/2012/04/visual-basic-6-vs-visual-basicnet.html

About Administrator

ok deh
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s