Hari Kesaktian Pancasila

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini terasa berbeda. Hari bersejarah yang dirayakan setiap tanggal 1 Otober ini dimaknai secara lebih luas. Jika pada perayaan-perayaan sebelumnya Kesaktian Pancasila selalu dikaitkan dengan penumpasan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G-30-S/PKI), maka kali ini “sejarah” Kesaktian Pancasila dimaknai sejak proklamasi kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agsutus 1945.

Setelah tumbangnya rezim orde baru, Film Penumpasan G30S/PKI sudah tidak pernah di putar lagi karena dianggap menyelewengkan sejarah. Sampai detik ini tidak ada seorang pun yang tau siapa yang salah dan siapa yang benar.

Menurut Film G30S/PKI di gambarkan bahwa gerakan tersebut di rencanakan oleh PKI yang dipimpin DN(Dipa Nusantara) Aidit dan rekannya. kemudian gerakan itu terjadi dan timbul sosok pahlawan yaitu Panglima Kostrad Mayjen TNI Soeharto yang menumpas gerakan tersebut dan kemudian menghabisi seluruh orang PKI waktu itu yang berjumlah jutaan orang.

Film tersebut tayang setiap tahunnya selama kurang lebih 20 tahun(kalo tidak salah), setelah Film itu tidak ada, mungkin generasi muda yang baru hanya mendapat cerita dari buku, guru atau cerita orang tua saja.

Disini ada sebuah pengakuan Soebandrio, yang waktu itu tahun 1965 menjadi orang nomor 2 di negeri ini tapi setelah G30SPKI langsung hancur kehidupannya, memberi pengakuan yang mungkin bisa kita jadikan pertimbangan mana sejarah yang benar dan mana sejarah yang salah. Karena sejarah G30SPKI hanya kita sendiri yang bisa menilai.

About Administrator

ok deh
This entry was posted in Politik. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s