Komputer Rusak

Seringkali ketika sedang asik-asiknya menggunakan komputer, komputer kita mati rusak atau juga blue screen atau juga windowsnya hang. Berikut Permasalahan yang biasa dihadapi ketika komputer rusak :

Seringkali ketika sedang asik-asiknya menggunakan komputer, komputer kita mati rusak atau juga blue screen atau juga windowsnya hang. Berikut Permasalahan yang biasa dihadapi ketika komputer rusak :


1. CPU hidup, Monitor hidup tapi tidak tampil gambar.
a. Biasanya keadaan seperti ini disebabkan oleh memory (RAM) pada CPU letaknya tidak tepat, solusinya adalah kita melepaskan memory (RAM) bersihkan dan pasang kembali sampai bunyi klik. Jika masih tidak tampil ada kemungkinan memory tersebut rusak, mungkin bisa dicoba memory lain atau mengganti slot yang ada pada mainboard.
b. VGA bermasalah. Solusinya dengan melepaskan VGA,membersihkan slot yang ada pada mainboard, jika masih tidak ada gambar coba dengan VGA lain.
c. Monitor bermasalah. Solusinya ganti monitor🙂

2. Blue Screen
a. Masalah pada memory. Solusinya lepas,bersihkan dan pasang kembali.
b. Windows corrupt. Solusinya repair atau install ulang windows

3. CPU suka mati tiba-tiba
a. Masalah pada power supply : kadang colokan power ke mainboard suka tidak kencang, solusinya lepas dan kencangkan
b. Prosessor panas, ini disebabkan karena pendingin yang kurang atau prosessor itu memang bermasalah. Solusinya cek pendingin apakan kipas berputar normal atau tidak jika tidak bersihkan atau ganti jika perlu. jika prosessor bermasalah harus diganti🙂
c. Virus, ada beberapa virus yang memang suka membuat CPU mati tiba-tiba. Solusi umumnya adalah membersihkan dengan antivirus. kalau tidak mempan , bisa menggunakan HijackThis.exe untuk menonaktifkan proses yang sedang tidak bekerja baru di scan dengan antivirus yang baru.

4. CPU mati total, biasanya ini disebabkan oleh aliran power supply yang bermasalah solusinya adalah dengan memperbaikinya atau mengganti dengan power supply yang baru. kondisi lainnya bisa jadi disebabkan oleh mainboard itu sendiri yang tidak dapat menerima aliran listrik dari PS.

About Administrator

ok deh
This entry was posted in Komputer and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s