Peran Orang Tua Menentukan Anak

Kiranya peran orang tua sangat menentukan kondisi anak, baik itu sifat, mental dan perilaku anaknya. Hal ini disebabkan karena orang tua yakni keluarga merupakan lingkungan terdekat dimana anak berada. Jika waktu yang diberikan kepada anak sangat sedikit karena orang tua nya bekerja hal ini akan memperburuk kondisi anak baik dari sisi fisik dan psikologis.

Sayangnya orangtua kepada anak, biasanya berdampak efek yang tidak baik, terlalu dimanjakannya anak dengan memberikan fasilitas yang berlebih berakibat anak menjadi manusia yang gampang menyerah, menganggap enteng suatu masalah dan juga tidak mandiri, karena semua hal yang diinginkan bukan dibutuhkan semua hampir dipenuhi dengan alasan sayangnya orang tua kepada anaknya.

Tahukan orang tua dampak dari memanjakan anak??, saya akan memberikan contoh nyata, ketika sekolah anak diberikan fasilitas seperti handphone dengan teknologi tinggi, bisa kita pertimbangkan apa fungsi dari handphone tersebut? fungsi utama yang pasti adalah untuk komunikasi jika ada kejadian atau informasi yang harus disampaikan kepada orang tua, itu saja alasan utamanya. Tetapi anak diberikan handphone dengan teknologi yang terbaru dengan fasilitas foto, video dan lainnya. Apa dampak buruk dari anak? hampir 90% isi dari handphone anak bersifat negatif entah itu bersifat porno atau pun sifat yang tidak mendidik.

Tampaknya untuk membuat bangsa ini maju saja sulit, karena untuk membuat seorang anak itu berhasil dalam parameter sederhana tidak mumpuni. Orang tua jelas bertanggungjawab atas semua ini. Jangan salahkan guru, teman ataupun lingkungan lainnya, karena keluarga adalah peran satu satunya dalam membentuk anak.

Kita bisa lihat pada tahun 2011 ini , ketika ada anak perempuan yang meminta izin untuk sahur on the road bersama teman-temannya, secara islami seharusnya anak perempuan dijaga kemaluannya dengan lawan jenis, tetapi orang tua memberikan izin tersebut, malang sang anak tewas ketika dibawa temannya balapan di jakarta.

Sungguh ironis memang, apakah begitu sederhananya nyawa melayang, bagaimana tanggungjawab kita sebagai orangtua kelak dihadapan Tuhan nantinya?

About Administrator

ok deh
This entry was posted in Tau ga??. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s