Western Digital My Passport Essential Review

VIVAnews – Kebutuhan atas media penyimpanan terus meningkat. Menurut data terakhir lembaga riset independen Gartner, meskipun terjadi efisiensi di teknologi penyimpanan, jumlah data yang disimpan oleh perusahaan akan bertambah banyak hingga 40 persen per tahun.

Tren serupa terjadi pula di segmen pengguna personal atau individual di rumah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Western Digital menyediakan media penyimpanan portabel yang berkapasitas lega seperti My Passport Essential SE.

Spesifikasi dan Fitur
Ada dua pilihan kapasitas yang disediakan Western Digital untuk model ini, yakni 750GB dan 1TB. Sebagai gambaran, dengan kapasitas 1TB, pengguna dapat menyimpan hingga 200 ribu foto, video berdurasi 76 jam, atau juga file musik hingga 250 ribu judul.

Kedua model harddisk eksternal USB tersebut dapat digunakan pada sistem berplatform sistem operasi Windows atau Macintosh. Untuk komunikasi data, teknologi USB 3.0 sudah disediakan. Berikut ini spesifikasi teknis harddisk tersebut:

WDBACX0010BBK
Transfer Rate USB 3.0    5 Gb/s (max)
USB 2.0    480 Mb/s (max)
Kapasitas 1TB (1.024GB)
Dimensi 1,8 x 11 x 8,3 cm
Bobot 0,2 kg
Temperatur Operasional 5 – 40 derajat Celsius
Dukungan OS Windows 2000, XP, Vista, 7
Mac OS 10.4.8 ke atas

Pada paket penjualan, Western Digital menyertakan pula aplikasi WD SmartWare yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pengguna yang ingin melakukan backup datanya dari komputer ke harddisk eksternal ini.

Uji Kinerja
Di samping kapasitasnya yang cukup lega, interkoneksi USB 3.0 yang sudah didukung oleh harddisk ini yang membuatnya menarik untuk dicoba. Pada pengujian, kami coba melakukan pengukuran kecepatan transfer data dari dan ke harddisk tersebut menggunakan komputer yang sudah mendukung USB 3.0.

Kami juga melakukan perbandingan jika metode transfernya dibuat hanya mendukung USB 2.0. Hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut. Gambar sebelah kiri adalah kecepatan transfer data jika menggunakan modus USB 3.0, adapun gambar di sebelah kanan adalah hasil uji coba kecepatan transfer data menggunakan modus USB 2.0.

Dari sisi software, aplikasi WD SmartWare yang disediakan cukup bermanfaat. Sebagai contoh, jika sebuah file tidak sengaja terhapus, kita dapat mencari dan mengambilnya kembali di penyimpanan cadangan. Fasilitas search yang tersedia memudahkan pengguna untuk menemukan data yang disimpan.

Saat ini, di pasaran Western Digital My Passport Essential SE berkapasitas 1TB tersedia di kisaran harga Rp1,2 juta. Untuk media simpan dengan kapasitas tersebut, harganya memang relatif mahal. Sebagai gambaran, harddisk internal berkapasitas sama berada di kisaran Rp700 ribu hingga Rp800 ribuan.

Namun, jika melihat kinerja dan fitur yang ditawarkan, harganya masih cukup sepadan.

Kelebihan:
–    Kapasitas besar, mendukung konektivitas USB 3.0.
–    Tersedia software untuk memudahkan manajemen data.

Kekurangan:
–    Harga cukup tinggi.

About Administrator

ok deh
This entry was posted in Komputer. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s