Syarat Menjadi Konsultan IT

1: Keahlian TI yang mumpuni
Ini harus jelas, tetapi Anda mungkin perlu untuk mengingatkan calon klien bahwa pengetahuan secara keseluruhan dunia IT secara teknis dapat sangat membantu organisasi yang membutuhkan solusi baru.

2: Berpengalaman dalam pencarian Solusi
Biasanya klien meminta konsultan ‘membantu jika ada masalah kritis yang memerlukan resolusi cepat. Jadi, jika Anda sudah menjadi konsultan TI untuk beberapa tahun, Anda mungkin pernah mengalami bagian yang adil dari masalah yang perlu penyelesaian.

3: Ahli Proses Bisnis yang berpengetahuan
Sebagian besar konsultan IT memiliki pengalaman teknik dan rekayasa ulang proses untuk merampingkan pekerjaan, aliran data, metodologi proyek dan praktek-praktek, dll. Dengan latar belakang ini, Anda memiliki keahlian untuk membantu sebuah organisasi merampingkan praktek saat ini untuk menghemat uang, waktu, dan usaha dan membantu daya fokus pada tugas yang tepat.

4: Agen Perubahan ( Agents of Changes )
Ketika organisasi mengundang konsultan dari luar, perusahaan ini menunjukkan tingkat komitmen suatu cara atau proses baru, dan Anda dapat dipastikan menjadi agen perubahan itu – yaitu orang yang memimpin perusahaan menyusuri jalan / proses bisnis yang baru.

5: pemimpin yang Percaya diri (Confident)
Saya percaya bahwa konsultan TI yang sukses harus seorang pemimpin yang meyakinkan. Anda tidak dapat mengambil alih, menawarkan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu, dan memberikan nasihat profesional ahli dengan bayaran mahal kepada organisasi yang hanya tahu sedikit tentang Anda, jika Anda bukanlah pemimpin yang percaya diri.

6: pendengar yang Baik
Konsultan TI yang efektif akan berani mengikat diri, mampu menghayati kebutuhan pelanggan akan solusi dan rasa frustrasi mereka terhadap daripada pihak lain. Penting bago konsultan tidak melompat masuk dan mencoba menyajikan solusi terlalu cepat. Mendengarkan kebutuhan pelanggan yang berusaha menjelaskan secara rinci dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai proses yang berlaku, akan membantu konsultan berpengalaman memformulasikan dan menyajikan solusi yang terbaik.

7: Mengupayakan Komunikasi yang Efektif
Tanpa komunikasi yang efektif, hubungan konsultan TI dengan klien akan rusak. Oleh karena itu, keharusan bagi Anda untuk dapat berkomunikasi secara efektif terkait visi dan tujuan proyek, serta memberikan nasihat dan memimpin arah perubahan atau manajemen proyek dalam sebuah organisasi.

8: Manager yang Terorganisir
Jika Anda menembak dari pinggul, akan sulit untuk membuat orang lain untuk mengikuti Anda dan meminta Anda sebagai seorang ahli. Inilah sebabnya mengapa Anda harus terorganisasi dan konsisten sebagai pemimpin atau manajer yang efektif dalam melanjutkan peran konsultasi Anda.

About Administrator

ok deh
This entry was posted in ERP SAP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s