Jasa Pembuatan dan Bimbingan Skripsi Informatika

Home » Kuliah S2 MMSI Gunadarma » Analisa Fit/Gap

Analisa Fit/Gap

Recent Posts

Analisis  fit/gap  merupakan sebuah studi untuk menganalisis apakah alternatif-alternatif solusi yang diusulkan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan perusahaan atau tidak. Kebutuhan-kebutuhan perusahaan yang telah terkumpul tersebut diberikan tingkatan prioritas (ranking) sesuai dengan nilai tambah yang diberikan kepada perusahaan, jika kebutuhan tersebut terpenuhi. Tingkatan yang diberikan dapat berupa High (H),  Medium (M ), atau Low (L). Tingkat H dapat diberikan jika kebutuhan perusahaan tersebut sangat kritikal bagi perusahaan. Artinya, jika kebutuhan tersebut tidak dipenuhi maka operasi bisnis perusahaan tidak dapat dijalankan. Kebutuhan yang masuk ke dalam tingkat H juga dapat berupa jenis-jenis pelaporan yang sangat penting bagi perusahaan. Tingkat M  dapat diberikan jika kebutuhan perusahaan memberikan nilai tambah yang cukup signif ikan bagi perusahaan. Selain itu, tingkat L diber ikan  jika kebutuhanperusahaan hanya akan memberikan sedikit nilai tambah bagi perusahaan.

Setelah setiap kebutuhan perusahaan diberikan tingkatan prioritas, maka langkah selanjutnya adalah  menganalisis  apakah kebutuhan-kebutuhan perusahaan tersebut dapat dipenuhi oleh masing- masing alternatif solusi atau tidak.

Kondisi tersebut antara lain dapat berupa Fit (F),  Partial (P), atau Gap (G). Kondisi F diberikan
jika alternatif solusi yang diusulkan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dengan baik. Sedangkan kondisi P diberikan jika alternatif solusi yang diusulkan memiliki fungsionalitas untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, akan tetapi diperlukan  customization terhadap  alternatif  solusi tersebut agar  kebutuhan  perusahaan dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, kondisi G diberikan jika
alternatif solusi yang diusulkan tidak dapat memenuhi kebutuhan perusahaan yang ada.

 

Advertisements

1 Comment

  1. reza says:

    boleh minta referensinya dari mana?
    sangat ngebantu buat skripsi saya
    kalau boleh kirim email ke srezaari@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: