Dilema Implementasi ERP untuk UKM di Indonesia

news-software-erp-indonesia

ERP sudah menjadi “barang wajib” untuk kegiatan bisnis,  dimana sistem yang terintegrasi dari berbagai aspek bisnis seperti manufaktur. Banyaknya software ERP yang beredar saat ini umumnya dikuasai oleh raksasa software seperti SAP, Microsoft dan Orace.  Meskipun kehadiran ERP opensource saat ini terus berjalan tapi rasanya belum bisa menandingi ERP raksasa tersebut. Hal ini disebabkan minimnya support yang disediakan oleh komunitas ERP opensource sehingga perusahan-perusahan beralih kepada ERP raksasa.

Kehadiran ERP untuk UKM menambah dominasi perkembangan ERP di tanah air seperti SAP Business One. Dengan fitur serta harga yang “terjangkau” membuat perusahaan tertarik untuk melakukan implementasi ERP. Tapi yang jelas kondisi ini akan terus menguntungkan perusahaan raksasa yang eEfeknya akan terjadi keterikatan akan pihak asing.

Adapun solusi dari implementasi ERP di Indonesia adalah membuat aplikasi mandiri yang terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Banyak hal positif yang akan didapat dengan cara ini, menumbuhkan kemandirian dalam teknologi ERP.

About Administrator

ok deh
This entry was posted in Komputer. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s