Telkom Genjot Teknologi Sejuta UKM

https://i0.wp.com/images.detik.com/content/2013/12/18/328/awaluddin.jpg
Muhammad Awaluddin (rou/detikINET)

Jakarta – Telkom sudah pasang ancang-ancang untuk menyongsong 2014. BUMN telekomunikasi ini akan kembali menggenjot pasar teknologi informasi dari segmen usaha kecil menengah (UKM) karena secara skala ekonomi dinilai lumayan menjanjikan.

“Ada sekitar 50 juta UKM yang tercatat. Tahun ini kita optimistis dapatkan 150 ribu UKM, tahun depan 500 ribu UKM, dan 2015 itu sejuta UKM menggunakan solusi dari Telkom,” kata Muhammad Awaluddin, Direktur Enterprise & Business Services Telkom, di kantor Telkom, Jakarta Barat, Rabu (18/12/2013).

Awaluddin menjelaskan, salah satu solusi andalan yang ditawarkan Telkom untuk menggarap pasar UKM adalah solusi aplikasi bisnis terpadu Enterprise Resource Planning (ERP) dengan nama Bostoko–kepanjangan dari ‘Bisa Online untuk Semua Toko’.

“Saat ini ada sekitar tujuh ribuan toko yang menggunakan BosToko. Tahun 2014 kita bidik 20 ribu UKM yang bergabung dengan omzet hanya dari BosToko sekitar Rp 20 miliar. Kita alokasikan biaya pemasaran untuk program ini sekitar Rp 2 miliar,” jelasnya lebih lanjut.

Selain menggarap pasar UKM, Telkom juga sudah ancang-ancang pasang strategi untuk segmen enterprise. Dari pasar korporasi ini, pendapatan yang dibidik pada 2014 sebesar Rp 10 triliun atau sekitar 8% dari total proyeksi pendapatan keseluruhan perusahaan.

Menurut Awaluddin, target ini juga sedikit lebih tinggi dibandingkan perolehan enterprise Telkom di 2013 yang sejauh ini bisa berkisar Rp9,25 triliun

“Persentase pertumbuhan kami lebih besar dari industri yang cuma 5%. Telkom itu untuk pasar teknologi informasi di korporasi adalah jangkar, kita ini jadi acuan pesaing. Karena itu kita patok pertumbuhan di atas rata-rata industri,” jelasnya.

Lebih lanjut dipaparkan, saat ini jumlah pelanggan enterprise Telkom tercatat 1.200 perusahaan, dan pelanggan UKM 150 ribu usaha. Segmen enterprise diprediksi bisa menghasilkan pendapatan Rp 7,5 triliun, sedangkan di segmen UKM Rp 2,5 triliun.

“Kalau bicara tahun ini saya optimistis angka Rp 9,25 triliun itu bisa terlewati. Nanti diumumkan bersamaan angka resminya dengan kinerja 2013 Telkom,” pungkas pria berkumis ini.

About Administrator

ok deh
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s