Ini Cara Membedakan Windows Asli dan Bajakan

https://i2.wp.com/images.detik.com/content/2014/04/23/399/win7460.jpg

Semarang – Peredaran software Windows bajakan masih marak terjadi di Indonesia. Bahkan dianggap sudah berkualitas tinggi dan menyerupai aslinya. Bagaimana cara membedakannya?

Ronald A Schwarz, konsultan Microsoft mengatakan, dari tampilan wadahnya, baik yang asli maupun yang bajakan nyaris tidak ada bedanya. Hanya saja pada bagian belakang kamasan pack yang asli terdapat stiker dari importir resmi, sementara pack bajakan tidak memilikinya.

“Yang asli ada importir aslinya, sedangkan yang palsu tidak ada,” kata Ronald saat gelar kasus di Ditreskrimsus Polda Jateng, Jalan Sukun, Semarang, Rabu (23/4/2014).

Selain dari paket kemasan, di bagian kepingan CD ada perbedaan yang bisa dilihat. Menurut Ronald, meski sudah berkualitas tinggi, kepingan CD software bajakan masih belum mampu membubuhkan beberapa ‘identitas’ kepingan asli berupa hologram yang menyatu di tepi luar dan dalam CD.

“Yang palsu jika ada hologramnya, itu merupakan stiker. Palsu belum bisa membuat hologram yang langsung di kepingan. Kalau palsu sekilas memang sama,” tandasnya.

Selain itu terkadang penjual perangkat komputer juga menawarkan instalasi Windows kepada pembeli secara cuma-cuma atau hanya membayar murah, semisal Rp 50 ribu. Nah, penawaran dari penjual seperti ini patut dicurigai palsu.

Pihak Microsoft mencium peredaran software Microsoft Windows 7 palsu di beberapa daerah sejak akhir tahun 2013 lalu.

Kemudian Microsoft melakukan survei pasar di tiga kota yaitu Semarang, Jakarta, dan Bandung. Di Semarang, Dit Reskrimsus Polda Jateng menyita 27 pack Software Microsoft Windows 7 bajakan dari tiga toko.

“Di Bandung total 80 keping, Jakarta dari delapan toko sekitar 80 keping juga,” tegasnya.

Jonathan Selvasegaram dari Microsoft Digital Crimes Unit mengatakan software dijual kepada konsumen dan pebisnis dan sudah memakan banyak korban penipuan itu sehingga membuat sistem TI mereka masuk dalam risiko keamanan.

“Konsumen harus lebih waspada dalam melakukan pembelian perangkat lunak atau komputer baru mereka,” kata Jonathan.

Dari segi harga Software Mocrosoft Windows 7 bajakan dijual dengan harga mulai Rp 650 ribu hingga Rp 950 ribu, sedangkan software asli antara Rp 1,14 juta hingga Rp 1,86 juta.

About Administrator

ok deh
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s