VIRUS BARU 2015 RANSOMWARE : MEMINTA TEBUSAN SANDERA FILE PENTING

Indonesia memang belum jadi target nomor satu ransomware. Namun virus yang biasa menyandera file penting dan meminta tebusan itu mulai melihat negeri ini sebagai mangsa empuk berikutnya.

“Sejauh ini Indonesia masih di urutan 41 dunia, memang belum nomor satu, tapi trennya menuju ke sana,” kata Halim Santoso, Director Systems Engineering Symantec ASEAN di Penang Bistro, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Indonesia diakui oleh Symantec merupakan salah satu negara yang paling cepat adopsi penggunaan perangkat teknologinya. Baik itu perangkat desktop maupun mobile.

Perangkat yang dimiliki pengguna biasanya digunakan untuk menyimpan file yang berharga. Tak cuma foto dan video, namun dokumen penting yang berhubungan dengan bisnis dan pekerjaan seperti budgeting, rekening koran, dan sejenisnya.

Inilah yang menyebabkan pelaku kejahatan cyber beralih ke ransomware, serangan yang membuat pengguna tidak dapat mengakses perangkatnya, yang menahan data-data penting hingga uang tebusan dibayarkan.

Ancaman ini merupakan kategori malware yang paling dominan sekarang, dan menurut Internet Security Threat Report Symantec, ancaman ini tumbuh sebesar 113% di tahun 2014.

Riset Symantec terbaru mengungkapkan bahwa penyerang ransomware menempatkan perangkat wearable dan perangkat terhubung lainnya sebagai target.

Penemuan utama lainnya termasuk 89% dari ransomware dirancang untuk menyasar komputer pribadi berbasis Windows.

“Di masa depan, kita mungkin akan melihat ransomware muncul di kategori-kategori perangkat baru: lemari pendingin, TV dan kamera pengintai CCTV,” pungkas Ong Jong Han, Country Manager Symantec Indonesia.

About Administrator

ok deh
This entry was posted in Komputer. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s