Mengenali Perbedaan ML, DL dan AI

ARTIFICIAL INTELLIGENCE / KECERDASAN BUATAN adalah Ilmu yang memberdayakan komputer untuk meniru manusia kecerdasan seperti pengambilan keputusan, pemrosesan teks, dan persepsi visual. AI adalah bidang yang lebih luas (yaitu: payung besar) yang berisi beberapa subbidang seperti pembelajaran mesin, robotika, dan visi komputer.

mengenal ai, md,dl

MACHINE LEARNING adalah subbidang Kecerdasan Buatan AI yang memungkinkan mesin untuk berkembang tugas yang diberikan dengan pengalaman. Penting untuk diperhatikan bahwa semua teknik pembelajaran mesin adalah diklasifikasikan sebagai Artificial Intelligence. Namun, tidak semua Artificial Intelligence dapat dihitung sebagai Pembelajaran Mesin karena beberapa mesin berbasis Aturan dasar dapat diklasifikasikan sebagai Al tetapi mereka melakukannya tidak belajar dari pengalaman sehingga mereka tidak termasuk dalam kategori pembelajaran mesin.

DEEP LEARNING: adalah bidang khusus machine learning yang mengandalkan pelatihan Deep Jaringan Syaraf Tiruan (JST) menggunakan kumpulan data besar seperti gambar atau teks. ANN adalah model pengolahan informasi yang terinspirasi oleh otak manusia. Otak manusia terdiri dari milyaran neuron yang berkomunikasi satu sama lain menggunakan sinyal listrik dan kimia dan memungkinkan manusia untuk melihat, merasakan, dan mengambil keputusan.

ANN bekerja dengan meniru secara matematis otak manusia dan menghubungkan beberapa neuron “buatan” dengan cara berlapis-lapis. Itu semakin banyak lapisan tersembunyi yang ditambahkan ke jaringan, semakin dalam jaringan tersebut.

Yang membedakan deep learning dari teknik machine learning terletak pada kemampuannya mengekstrak fitur secara otomatis seperti yang diilustrasikan pada contoh berikut:

~ Proses machine learning: (I) memilih model yang akan dilatih, (2) fitur melakukan secara manual ekstraksi.

– Proses deep learning: (1) Pilih arsitektur jaringan, (2) fitur-fiturnya diekstrak secara otomatis dengan memasukkan data pelatihan (seperti gambar) bersama dengan file kelas target (label).

pengertian machine learning

 

-Perwira Abrianto-

Penulis: Administrator

ok deh

Tinggalkan komentar